Selasa, 16 Maret 2010

Universitas Al-Azhar

Akhir-akhir ini banyak teman-teman yang bertanya tentang kuliah di al-Azhar University. Terutama adik-adik yang akan melanjutkan studi ke tingkat perguruan tinggi. Berhubung infonya masih sulit untuk di dapat maka mudah-mudahan tulisan ini ikut membantu.
Al-Azhar University, dahulunya merupakan Jami’ Al-Azhar yang didirikan oleh Jauhar As-Saqoli pada 29 Jumada' Al-Ula 359 H (970 M). Selain difungsikan sebagai masjid, Jami’ Al-Azhar juga menjadi tempat untuk menimba ilmu, terutama setelah Shalahuddin al-Ayyubi merubahnya menjadi gudang pembelajaran islam bagi berbagai madzhab-madzhab fikih terkemuka. Jami’ Al-Azhar kemudian berubah bentuk menjadi Jami’ah Al-Azhar Asy-Syarief (Al-Azhar Asy-Syarief University) pada tahun 1930 M. Dalam sejarahnya, Al-Azhar telah berhasil mencetak ulama-ulama besar terdahulu seperti Ibn Khaldun, As-Suyuthi, Al-Maqrizi,dan lainnya. Pada abad modern ulama-ulama seprti Syekh Jad al-Haq Ali Jad al-Haq, Syekh Muhammad al-Ghozzali, DR. Yusuf al-Qardhawi, DR. Wahbah az-Zuhaily, dan di Indonesia ada DR. Quraish Syihab, dan banyak pakar-pakar ilmu lulusan Al-Azhar yang belum kami sebutkan namanya disini.

Fakultas-Fakultas di Universitas Al-Azhar
Fakultas-fakultas di Universitas Al-Azhar Asy-Syarif secara umum, terbagi kepada fakultas ilmy (sains) dan fakultas adaby (agama). Ditambah, kampus cabang khusus putri yang disebut Kulliyatul Banat, di kampus ini terdapat berbagai jurusan yang setara dengan fakultas-fakultas yang terdapat di Al-Azhar pusat.
Adapun program adaby, terdapat lima fakultas yaitu:
1. Fakultas Syari’ah wal-Qanun.
Di fakulas ini terdapat 2 jurusan: Syaria’h Islamiyyah dan Syari’ah wal-Qanun, dan pembagiam jurusannya dimulai sejak tahun pertama.
2. Fakultas Ushuluddin.
Fakultas ini terbagi 4 jurusan: Ulum at-Tafsir, Ulum al-Hadits, Aqidah Filsafat dan Dakwah wa ats-Tsaqofah, pembagian jurusannya dimulai tingkat III.
3. Fakultas Lughah al-‘Arabiyyah.
Fakultas ini terbagi 3 Jurusan: Lughah al-‘Arabiyyah wa al-Adab, Tsaqofah wa al-Hadharah, dan Shahafah wa al-‘i lam, yang dimulai semenjak tahun pertama.
4. Fakultas Dirasat al-Islamiyyah.
5. Fakultas Dakwah Islamiyyah.
6. Fakultas Dirasat al-Islamiyyah khusus putri, yang mempunyai 3 Jurusan:
a) Jurusan Syariah Islamiyyah.
b) Jurusan Ushuluddin
c) Jurusan Lughah al-‘Arabiyyah.
Gerbang masuk fakultas-fakultas prog. adaby

Juga ada cabang-cabang Universitas Al-Azhar yang terdapat di berbagai provinsi di Mesir. Diantaranya.
1. Fakultas Dirasat Islamiyyah wal-Arabiyyah di Zaqziq.
2. Fakultas Dirasat Islamiyyah wal-‘Arabiyyah di Manshoura.
3. Fakultas Dirasat Islamiyyah di Tafahna al-Asyraf.
4. Fakultas Dirasat Islamiyyah di New Damietta.
Disetiap cabang-cabang kuliah ini terdapat jurusan-jurusan yang setara dengan fakultas-fakultas adaby di pusat.
Selain itu tentunya ada program sains, seperti Fakultas Kedokteran, Fakultas Perdagangan, Fakultas Teknik. Namun mengingat bahwa kawan-kawan indonesia sangat jarang yang berminat untuk kuliah di program sains, maka tidak saya cantumkan disini.

2 komentar:

  1. assalamua'laikum,maaf sblumnya saya mau nanya,di al azhar da gak fakultas psikologi..?

    BalasHapus
  2. pendaftaran online buat thn 2017 2018 kapan dibuka?

    BalasHapus